Balada Biologi

Hari ini adalah hari terakhir belajar di sekolah sekaligus hari yang diharapkan cepet-cepet berakhir. Soalnya pikiran gue dan semua anak lainnya cuma satu: LIBURAN.

Tapi hidup emang kejam.

Nyatanya, hari terakhir liburan ini kelas gue harus berhadapan sama Pak Jumain yang ngotot menjelaskan ttg modus data berkelompok sekaligus remedial. Dan ketika bel pulang berbunyi pas jam 11.15, pun kami langsung kabur.

Ke Laboratorium Biologi.

Yup. Lab Biologi. Bukannya pulang.

Buat mengejar ketinggalan kelas kami yang udah 2 pertemuan ga ketemu Bu Rugun. Yang pertama karena libur dan yang kedua karena tragedi HP ilang.

Dan ga pake istirahat dulu pula, dari lab bio kami memandang penuh iri ke anak-anak yang udah ga mikirin apa-apa lagi selain liburan. Rasanya tuh muka mereka cerah banget, udah santai, ketawa-ketawa dsb dsb.

Motto hidup: meski kecil, tetep ngeribetin

Lah kami? Madesu. Dijejelin tentang plastida, dinding sel dan transportasi zat pula.

Dengan semangat juang 2010, dengan mata ngantuk dan otak mumet, tangan kami adu cepet sama mulutnya Bu Rugun yang ga cape-cape ngejelasin tentang sel.

Heran gue, sel atau atom yang kecil gitu dipelajari sampe detail terkecilnya. Sedangkan benda yg gede kaya Gunung Sinabung aja ga bisa diprediksi bakal meletus.

Back to Bu Rugun, pas dia ngejelasin tentang Osmosis, kami semua udah lumayan semangat karena materinya udah mau selesai.

Eh Bu Rugun cerita, kalau sebenernya anaknya itu lagi sakit panas sampe-sampe ga masuk sekolah. Sebagai seorang Ibu, dia itu sebenernya bimbang mau ngurusin anaknya yang sakit atau 35 anak didiknya di kelas gue. Dan dia memprioritaskan kelas gue.

Sumpah kagum banget gue, itu baru namanya bakti. Bekerja sesuai profesi dan bertanggungjawab sepenuhnya. Ga kaya anggota DPR yang mangkir mulu.

Akhirnya jam 13.30-an pelajaran tambahan itu selesai. Anak-anak langsung semangat dengan prospek bakal liburan.

Atau harusnya begitu.

Tapi, besok kami kerja kelompok. Biologi. Lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s