Tentang Teman

Post berikut ini adalah rangkuman dari dhammadesana malem minggu kemarin (12/03/2011) oleh Bhante Vipullasilo saat puja bhakti pemuda Vihara Sariputra.

Salah satu berkah yang terdapat dalam Mangala Sutta adalah: memiliki teman yang baik. Bagaimana caranya? Ada empat cara untuk mendapatkan teman:

1. Senang memberi hadiah (materi)

Misalnya, memberikan kado saat berulang tahun, atau mentraktir saat kita mendapat rejeki. Tapi terkadang, ketika kita ingin memberikan hadiah, kita suka ragu. Ragu bahwa hadiah kita akan diterima dan bukannya ditolak. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ya dicoba saja! Setidaknya, ketika kita mencoba, ada kemungkinan akan diterima. Begitu pula saat mencari teman, kalau kita nggak mau mengajak ngobrol ya mana bisa ngobrol. Dengan mengobrol, setidaknya kita tahu hal apa yang disukainya. Sehingga kita bisa melakukan hal tersebut untuk menyenangkan hatinya.

2. Melakukan hal yang berguna

Berguna di sini berarti berguna bagi diri sendiri, dan bagi teman kita itu. Wah, berarti mencontek bisa dong? Kan kalo mencontek itu, nilai kita bagus, nilai teman juga! Kalo nggak ketahuan ya silahkan saja, mungkin nilai kita memang menjadi bagus. Kalau ketahuan? Jangankan bagus, yang ada kita malah dikasih nilai 0! Dari sini kita bisa menarik kesimpulan kalau mencontek bukan termasuk hal bermanfaat.

3. Berbicara dengan cara yang menyenangkan

Bagaimana caranya berbicara yang menyenangkan? Ikutilah Sang Buddha. Beliau mempunyai prinsip saat berbicara:

  1. Kalau tidak enak didengar dan tidak membawa perubahan yang baik bagi pendengarnya, maka beliau tidak akan mengatakannya
  2. Kalau tidak enak didengar tapi membawa perubahan yang baik bagi pendengarnya, maka beliau akan mengatakannya
  3. Kalau enak didengar tapi tidak membawa perubahan yang baik bagi pendengarnya, maka beliau tidak akan mengatakannya
  4. Kalau enak didengar dan membawa perubahan yang baik bagi pendengarnya, maka beliau akan mengatakannya

Begitu pula dengan tulisan. Sekarang ini, tulisan apapun yang kita publish secara online, bisa dibaca oleh banyak orang, bahkan oleh seluruh dunia. Oleh karena itu, sebaiknya kita membaca ulang tulisan kita, baru disampaikan kepada orang lain. Karena ketika dibaca oleh banyak orang dan mempengaruhi pikiran mereka, karmanya sangat besar.

4. Memperlakukan teman dengan hormat, maksudnya di sini adalah memperlakukan teman sesuai dengan derajatnya.

Bagaimana cara mempengaruhi teman untuk melakukan hal yang kita inginkan? Tentunya di sini yang dimaksud adalah hal yang baik. Pertama, kita harus mengerti jenis orangnya. Secara umum, ada tiga cara mempengaruhi orang tergantung jenis orangnya:

  1. Terhadap mereka yang terampil: bisa langsung memberikan perintah singkat, yaitu tujuan apa yang ingin kita capai dan cara mencapainya.
  2. Terhadap mereka yang kurang terampil: perlu kesabaran, diulangi secara detail apa yang kita inginkan dan bagaimana cara melakukannya. Misalnya, ketika kita ingin menyuruh A menyapu halaman, kita harus memberitahu dia dahulu di mana letak sapunya, bagian mana yang perlu disapu, dan sebagainya.
  3. Terhadap mereka yang agak pemberontak atau memiliki sifat bersaing: biasanya tidak mau menuruti perintah langsung dan cenderung melakukan hal yang sebaliknya. Oleh karena itu, berilah perintah yang berlawanan. Contohnya ketika kita ingin menyuruh B menyapu halaman, kita tidak bisa langsung bilang “Eh B sapuin tuh halaman.” Tapi kita memberikan perintah yang sebaliknya, “B, nanti jangan sapu halaman ya, merepotkan. Lebih baik sapu bagian lain saja.” Karena sifat dasarnya yang tidak menurut, B malah akan melakukan hal yang kita inginkan.

Sekian yang bisa disampaikan kembali, semoga bisa berguna bagi kita semua. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Sadhu sadhu sadhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s