Kata

Kalau kalian berpikir bahwa bom atom adalah senjata paling ampun di muka bumi ini, kalian salah.

Kita sebagai manusia, masing-masing telah dilengkapi oleh senjata yang lebih kejam lagi. Senjata yang mungkin tidak membunuh, tetapi bisa menyakiti orang lain sedemikian rupa hingga harga diri berserakan di mana-mana.

Ya, senjata alamiah yang kita punya sejak lahir: kata-kata.

Manusia mengenal kata-kata dalam berbagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Dan seperti yang gue jabarkan di atas, kata-kata itu, terkadang kita jadikan alat untuk menunjukan superioritas kita di atas orang lain. Kata-kata itu adalah senjata terakhir yang kita keluarkan saat terdesak. Saat harga diri kita sendiri terancam. Kita membalikan kondisi tersebut dengan menjatuhkan harga diri lawan bicara kita lewat kata-kata.

Come on, akuilah bahwa kita sering begitu. Atau dalam kasus ini, gue.

Gue sering banget bermasalah dengan orang lain karena kata-kata gue yang dinilai terlalu menyakitkan. Padahal gue nggak bermaksud untuk kaya gitu. Gue nggak pernah mau nyakitin orang lain, apalagi hingga bermasalah dengan orang tersebut. Tapi serentetan kejadian dalam hidup membawa gue ke dalam satu kesimpulan: gue harus berubah.

Nggak sekali ini aja gue bertekad untuk berubah. Sering banget malah. Entah kenapa tekad untuk berubah itu nggak ada yang berlangsung secara terus menerus. Membara di awal, dan kemudian padam, seperti nyala api yang ditiup. Hilang entah ke mana.

Tapi gue nggak mau begini terus. Gue nggak mau jadi orang yang selalu dipermasalahkan karena kata-katanya.

Gue nggak mau kalau orang lain harus ngerasa sakit hati atau kecewa karena kata-kata gue.

Intinya cuma satu: gue mau berubah. Gue mau jadi orang yang bisa bermanfaat meski dari kata-katanya saja.

“Daripada seribu kata yg tak berarti, adalah lebih baik sepatah kata yg bermanfaat, yg dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.” – Buddha

One thought on “Kata

Leave a Reply

