Menata Kembali

Di lemari buku gue, banyak banget barang-barang yang udah gue nggak pernah sentuh lagi selama bertahun-tahun, tapi dalam kondisi yang masih bagus, yang gue simpen hanya karena satu alasan.

Kali aja nanti kepake.

Itu alasan gue dalam menimbun barang-barang. Lama kelamaan tumpukan itu makin banyak, makin banyak, dan bukan cuma di lemari buku gue saja. Seluruh kamar gue pun berantakan karena barang-barang itu.

Nggak cuma kamar gue, hidup pun kadang begitu. Terlihat rumit dan berantakan karena terlalu banyak hal yang ada di sana. Padahal nggak semuanya itu kita butuhkan sekarang. Kadang, banyak bagian dari masa lalu kita yang masih kita pegang erat-erat, sayang untuk dilepaskan karena masih berharap mereka akan terpakai atau kembali lagi sekarang.

Akibatnya apa? Ya tadi, berantakan.

Kalau di kamar gue, susah kalau mau nyari barang. Terlalu banyak barang-barang di sana. Akibatnya benda yang benar-benar gue butuhkan malah tersembunyi di balik barang yang tidak berguna itu.

Sama, hidup juga begitu. Kalau kita terlalu banyak berpegangan pada masa lalu, kita nggak akan menemukan masa kini kita, apalagi masa depan!

Makanya, hari ini, dimulai dari kamar gue sendiri, gue berniat untuk merapikan semua barang-barang dari masa lalu, yang sudah tidak terpakai, untuk memberi ruang bagi benda-benda yang sekarang gue butuhkan atau di masa yang akan datang.

Ketika sudah mendapatkan ruang tersebut, isilah dengan barang-barang yang berguna. Tatalah kembali, sesekali lihat, apa masih ada barang yang sudah kita tidak perlukan?

Jangan takut untuk menyingkirkannya, taruh saja dalam kotak kardus kalau masih takut melepas, nanti kalau benar-benar ingin melihat, barulah buka lagi. Niscaya, nggak bakal kepikiran untuk melihatnya lagi.

Ini adalah soal melepas masa lalu, baik barang ataupun kenangan. Karena apabila kita masih mencengkram dengan kuat-kuat pada masa lalu, kita tidak akan berada pada kekinian, apalagi menikmati masa depan.

The key of moving on is to let go.

Leave a Reply

