2012 Mau Apa?

Berhubung 2012 tinggal sehari lagi (yeah, 31st December still counts, and it rocks by the way), banyak orang yang sudah merencanakan hidup mereka selama setahun ke depan lewat resolusi tahun baru masing-masing. Bagus sih, bikin program, rencana tentang masa depan. Guide supaya tahu di 2012 mau ngapain, goal apa yang mau kita raih dan sebagainya. Juga pengingat, pembatas agar kita nggak melenceng dari harapan kita semula.

Resolusi tahun baru gue? Errr sampai saat ini belum kepikiran. Kenapa? Karena gue udah kelewat realistis kalau resolusi itu pada akhirnya akan terlupakan di minggu kedua 2012. True story.

Dari majalah Gogirl edisi Rebirth, ada beberapa ide project yang bisa kita coba selama setahun ke depan. Keren-keren semua. Aslinya ada 12, cuma kayanya nggak fair kalau gue tulis semua di sini, kasihan yang udah bikin artikel sampai setengah budeg ngejar deadline kalau gue langsung tulis di sini. Gue bakal tulis beberapa aja. Well, inilah mereka:

Cook a Book

Cari satu buku resep masakan, yang simpel aja, baik cara dan bahannya. Tentuin berapa kali mau masak dalam seminggu dan harinya. Seminggu sekali aja udah bagus banget kalau bagi gue. Lakukan selama setahun, by the end of 2012, elu udah bisa (atau setidaknya mencoba) membuat 52 resep masakan.

Everyone can cook! – Ratatouille

Picture Pick

Pilih objek yang kalian suka, misalnya hati atau bintang atau smiley. Setiap harinya, cari dan temukan objek tersebut, entah dari bentuk apapun. Mau bikin sendiri juga nggak apa-apa, bahannya terserah. Pake kamera saku biasa atau kamera HP aja, nggak usah maksain pake DSLR. Kalau setiap hari bisa nemu, jago banget deh. Akhir 2012, tahu-tahu lu kaget aja karena nggak nyangka bisa sekreatif (dan juga semaksa) itu!

The goal is not to change your subjects, but for the subject to change the photographer.

Toss the Taste

Buat yang suka kuliner nih. Pilih jenis makanan yang kalian sukai, let’s say coffee. Nah setiap seminggu sekali atau tiga hari sekali, cobain merek baru lalu di-review. Entah bikin scrapbook khusus dengan menempelkan bungkusnya, atau simply tulis di blog.

Face to Face

Ini yang paling gampang, tapi butuh konsistensi. Foto close up diri sendiri setiap harinya, tapi ingat, harus setiap hari! Di akhir tahun, kalian bisa mengamati perubahan-perubahan kalian. Gayanya harus sama ya, biar gampang pas dibandingkan nanti!

A photograph is usually looked at – seldom looked into.  ~Ansel Adams

Nah, itu dari majalah. Sekarang gue baru kepikiran beberapa projek yang dapat dilakukan setahun ke depan. Mirip-mirip lah sama yang tadi, tapi disesuaikan sama hobi gue.

  1. Nonton film minimal seminggu sekali, atau bisa diganti dengan buku.
  2. Nge-postquote sehari satu, tapi dalam setahun temanya harus sama. Boleh bikinan sendiri, boleh dari mana saja.
  3. Jadikan setiap hari bermakna. Rangkum kesan hari ini dalam satu post singkat. Hal ini udah gue terapkan selama Desember 2011. Bahkan santai-santai di rumah pun masuk hitungan.
  4. #365happiness, ini bentuk lain dari #100happiness yang sampai saat ini masih gue coba rampungkan. Hampir mirip sama yang di atas, hanya saja ini lebih memaksa lu mengambil hikmah dari setiap hari.

By the way, kakak kelas gue, Kak Nurshiddiq juga punya ide sendiri tentang apa yang bakal dia lakukan tahun depan, bisa dilihat di sini.

Apapun yang bakal kalian lakukan, pasti bakal bermanfaat. Proyek-proyek di atas melatih konsistensi. Elu nggak bakalan bisa melakukannya kalau engga konsisten, pasti udah nyerah di kuartal satu tahun 2012.

Percayalah, apapun yang elu lakukan, pasti akan bermanfaat. Setidaknya ke diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s