Arti Sebuah Nama

Orang-orang yang dekat sama gue, atau setidaknya follow akun twitter gue (@DevinaYo) pasti tahu nama bocah yang satu ini: Dita.

Bagi yang nggak tahu, tenang aja, gue bakal jelaskan siapa dia dan mengapa dia berperan penting dalam post kali ini.

***

Dita adalah nama sepupu gue yang sekarang berusia 7 tahun dan sedang menjalani pendidikan di SD Karya Iman, tepatnya kelas 2. Ini merupakan prestasi hebat, karena dia telah divonis tidak naik kelas oleh seluruh keluarga besar gue. Hingga pada saat dia dinyatakan naik kelas, mamanya menyebarkan SMS penuh ungkapan bahagia yang lalu di-forward ke anggota keluarga yang lain. Yang isinya hanya,

Dita naik kelas.

Bandel saja tidak cukup mendeskripsikan sifatnya. Dia itu gabungan dari hiperaktif, songong, rese, ngeselin, (insert bad adjective here).

Dia juga nggak tahu malu, dan nggak tahu situasi. Kadang, dia menempatkan orang dewasa di sekitarnya dalam kondisi yang enggak enak. Contohnya…

Pada suatu ketika dia diajak nyokap gue ke GOR bulutangkis. Di sana dia melihat pria yang sudah cukup tua berduaan dengan gadis yang relatif masih muda. Dengan tanpa dosanya dia langsung nyeplos, “Tua-tua pacarannya sama yang muda.”

Ada orang gendut lewat, dia langsung nyeplos, “Et gendut banget jadi orang.”

Orang yang tidak cukup cakep pun tidak luput dari sasarannya. Pokoknya, kekurangan atau keanehan orang langsung diumbar di depan orangnya.

Soal kebandelannya, mungkin udah jelas. Sekarang soal nama.

Namanya diberikan oleh seorang bhikkhu (sebutan bagi orang yang sudah meninggalkan keduniawian dan bergabung dengan kehidupan monastik). Sangat bagus, penuh arti.

Mudita Dewi

***

Kenapa sih sampe jadi masalah besar banget?

Mudita diambil dari Bahasa Pali, yang artinya simpati. Simpati di sini artinya adalah, ikut senang melihat orang senang dan ikut sedih melihat orang lain sedih. Sedangkan apa yang Dita lakukan adalah ikut senang melihat orang lain sedih. Bahkan menjadikannya lelucon.

Dewi juga diambil dari Bahasa Pali, yang artinya dewi (sangat tidak membantu).

Mudita Dewi ini kurang lebih berarti seseorang (perempuan) yang mahir/pandai dalam bersimpati.

Sedangkan Dita ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Well, apalah arti sebuah nama?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s