Kelas XII? Mau UN? Tipe yang manakah anda?

Post kali ini adalah hasil pengamatan resmi dari otak sendiri mengenai sikap pelajar sebelum ujian akhir. Ketika mau Ujian Nasional, munculah tipe-tipe pelajar yang dibagi berdasarkan perilaku dan sikap mereka. Langsung aja lah dicek.

  1. Timer

    Orang-orang ini biasanya ngingetin pelajar lainnya, UN tinggal 16 hari lagi, atau bahkan ada yang versi ekstrim, sampai menghitung sisa hari, jam, menit dan detiknya. Niat abis.

    Kelebihannya: mereka tahu seberapa terbatasnya waktu yang mereka punya untuk mempersiapkan diri. Cuma masalah sadar untuk mempersiapkan dirinya atau engga, itu yang masih jadi pertanyaan.

     

  2. Tobat

    Biasanya, yang termasuk golongan ini adalah dulunya pernah jadi anak rajin namun terjerumus. Begitu dinasehatin guru atau diingetin temen, langsung belajar. Tanya ini tanya itu, pacarannya sama buku untuk mengejar ketertinggalan selama ini.

     

  3. Straight

    Tipe anak yang biasanya rajin, pas mau UN yaaa tambah rajin. Buku latihan soal UN lengkap, mulai dari yang lima tahun sampai yang sepuluh tahun. Map tebel berisi fotokopi soal-soal. Kalo bete kerjaannya belajar. Sikapnya sih straight, gatau deh otaknya serumit apa.

     

  4. Santai

    Murid yang biasanya santai, ya tetep aja santai. Biasanya gara-gara udah yakin bakalan dapet kunci jawaban. Atau saking pasrahnya. Atau gabungan dari keduanya. Sangat butuh bantuan orang lain untuk bisa lulus, atau ya seengganya hoki aja deh.

     

  5. Galau

    Anak-anak yang merasa selama ini nggak bisa, lalu makin panik dan galau ketika makin deket UN. Tidur nggak nyenyak. Deg-degan dan kepikiran terus. Makanan hambar, berasa papilla udah hilang semua. Ada yang berusaha menyingkapi dengan belajar, ada juga yang usahanya terwujud melalui produktivitas update di jejaring sosial. Yang tentunya berbanding terbalik dengan latihan soal yang udah dikerjakan.

     

  6. Pelarian

    Tipe orang yang sebenernya mau belajar, tapi berhubung banyak godaan, akhirnya pensil diletakkan dan malah ngetik blogpost tentang tipe pelajar sebelum UN. Not based on true story.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s