Secangkir Kopi

Orang-orang terdekat saya pasti tahu apa yang menjadi minuman kesukaan saya: kopi.
Secangkir kopi dingin setiap pagi, paduan pahit manis yang menyegarkan, kadang bikin mules, tapi bukan bagian itu yang akan saya bahas di sini.

Seperti kata orang kimia, like dissolves like, suatu benda akan lebih mudah melarutkan benda lain dengan sifat yang mirip dengannya.

Mungkin itulah yang menimbulkan kenikmatan tersendiri saat saya meminum secangkir kopi. Kesamaan sifat.

Banyak yang tidak suka kopi. Terlalu pahit, kata mereka. Tapi saya menemukan kemanisan yang tersembunyi di dalamnya. Memang tidak terlalu manis, sangat jauh bila dibandingkan dengan susu, temannya sesama minuman yang lebih disukai orang-orang.

Tapi itulah.

Saya juga orang yang pahit. Cuma beberapa orang yang tahan bicara dengan saya lama-lama, sisanya sudah memilih kabur duluan sebelum saya ajak bicara.

Hampir nggak ada orang yang menyukai rasa pahit. Makanya tidak banyak orang yang menyukai kopi. Sekali coba, pahit, langsunglah muncul cap tidak enak di otak.

Padahal baru seteguk, belum habis semuanya, tapi sudah muncul penilaian.

Beberapa orang yang lebih sabar, mencoba menghirup lagi, setelah sekian lama, menemukan rasa manis dan aroma tersendiri.

Hal ini bukan cuma terjadi dalam pengalaman pertama meminum kopi atau dalam mengenal saya saja. Sering terjadi dalam hidup. Di saat kita merasakan pahit di awal, lalu menolak dan langsung bersumpah tidak akan mencoba lagi. Sekali gagal, langsung putus asa. Padahal jika dicoba lagi, ada kemungkinan dia akan menemukan manisnya keberhasilan.

Tidak banyak orang yang berani mencoba lagi setelah merasakan pahit yang pertama. Tapi mereka yang berani mencoba, akan menemukan rasa manis tersendiri.

Leave a Reply

