Penilaian dan Relativitas

E = mc2

Kenal banget kan sama sebaris rumus di atas? Itu adalah salah satu dari Hukum Relativitas-nya Albert Einstein yang udah memusingkan otak pelajar kelas XII.

Rumus di atas cuma mengenai energi aja, sedangkan relativitas membahas hal lain juga.

You see, namanya juga relativitas, pasti ada yang ‘sesungguhnya’ dan ada yang ‘relatif’. Ada tiga besaran yang dibahas:

  1. Panjang
  2. Massa
  3. Waktu

Nah, waktu ini yang menarik. Jadi waktu itu ada dua, waktu relatif dan waktu yang sesungguhnya. Yang menarik dan jadi pembahasan di sini adalah bagaimana menentukan yang mana yang relatif dan yang mana yang sesungguhnya.

Bayangkan NASA mengirim seseorang dalam misi ke luar angkasa, menurut hitungan bumi, dia sudah pergi selama dua puluh tahun. Tapi menurut orang itu, dia baru pergi selama sepuluh tahun.

Pertanyaannya: yang mana yang sesungguhnya?

Waktu sesungguhnya adalah waktu menurut orang yang pergi. Kan kita mengukur berapa lama dia pergi, nah berarti nanyanya sama dia. Karena dia yang tahu. Jangan nanya sama pengamat yang cuma diem aja di bumi.

***

Kadang, dalam hidup, kita cuma bertingkah sebagai pengamat. Apa yang diamati? Hidup orang lain, yang seringkali lebih kontroversial daripada hidup kita yang cenderung biasa saja.

Nggak fair kalau kita menilai hidup objek yang diamati berdasarkan kacamata kita, yang nggak pernah ngerasain bagaimana rasanya jadi dia. Sekalipun kasusnya pernah kita alami, toh lingkungannya beda. Orang-orang yang dihadapi juga beda, jauh lebih kompleks.

Penilaian kita subjektif, merupakan penilaian yang relatif. Karena penilaian yang sesungguhnya, cuma diketahui sama orang yang bersangkutan.

That’s why we can’t judge someone only by observing, we have to experience what it likes to be her/him.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s