Belajar Menulis

Selama ini saya kira saya telah menulis dengan baik. Ternyata saya salah besar.

Setelah membaca blog milik @f_gaban, seorang wartawan Tempo, saya sadar bahwa banyak kesalahan pada tulisan saya, juga pada cara saya menulis. Oleh karena itu, mulai post ini, saya akan berusaha memperbaikinya. Bukan cuma untuk pengembangan kemampuan saya, tapi juga untuk kenyamanan pembaca.

Ada beberapa hal yang saya tekankan dalam pelajaran menulis ini:

  1. Mengurangi penggunaan istilah dan kata-kata yang sulit dimengerti
  2. Mengurangi penggunaan bahasa asing
  3. Memperbaiki tata bahasa

Kata peribahasa, ala bisa karena biasa. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, satu-satunya cara adalah dengan sering menulis.

Saya sadar akhir-akhir ini saya jarang sekali menulis, dulu jumlah post baru saya dapat mencapai 10 dalam satu bulan, sekarang setengahnya pun tidak. Semoga saja jam menganggur saya yang makin banyak dapat mempengaruhi jumlah post yang dihasilkan juga.

Memang tidak setiap hari spesial, ada hari di mana saya tidak ngapa-ngapain dan tidak ke mana-mana juga sehingga tidak banyak yang bisa diceritakan dan ditulis. Jadi maklumi saja kalau apa yang saya tulis tidak sesuai harapan.

Oh iya, tadi juga saya membaca kalau tulisan yang baik adalah tulisan yang tidak bertele-tele. Berhubung memang cuma segitu yang ingin saya sampaikan, maka lebih baik saya akhiri post ini sekarang.

Sampai jumpa! J

Leave a Reply

