Kesan Pertama

Kesan pertama sangat penting.

Ada orang-orang yang jatuh cinta pada pandangan pertama. Ada juga orang-orang yang sudah saling benci sejak pandangan pertama.

Kadang kesan pertama seseorang menjadi kesan yang melekat erat pada pikiran kita.

Ketika kesan pertama seseorang buruk, kita tidak akan mau capek-capek mencoba mengenalnya lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya, sampai kapan pun kesan pertama itulah yang menjadi gambaran utuh orang tersebut.

Beberapa orang yang beruntung, mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan kesan yang berbeda.

 

Saya masih ingat pertemuan saya dengan salah seorang teman terdekat, Ailen. Saat itu, baik saya ataupun Ailen mendapatkan kesan yang buruk tentang satu sama lain. Lalu kami masuk SMP yang sama, diorientasi dalam kelompok yang sama, masuk kelas yang sama selama tiga tahun. Kami mengenal satu sama lain, jauh lebih baik daripada saat pertama kali kami bertemu. Hasilnya? Kami berteman sampai sekarang, dan seperti yang saya bilang sebelumnya, dia menjadi salah seorang teman terdekat saya.

 

Yang saya coba sampaikan adalah, ketika seseorang memberikan kesan pertama yang buruk kepada anda, jangan langsung menganggap kesan pertama tersebut sebagai sifat keseluruhan orang itu.

Tetaplah berpikiran terbuka, mungkin di lain kesempatan, anda akan melihat sisi yang baik dari orang tersebut. Mungkin anda ingin menjadi temannya setelah tahu kebaikannya. Tentu hal itu akan menjadi lebih mudah jika sebelumnya anda tidak menyebarkan tentang betapa buruknya dia di mata anda.

Jika orang yang selama ini anda kira telah anda kenal baik saja bisa bersikap di luar dugaan anda sebelumnya, apa adil jika kita menilai orang dari kesan pertama saja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s