Harga Sebuah Gelar

Kamis lalu tanpa terduga saya bertemu dengan guru matematika SMP. Seperti biasa, pertemuan kami diawali basa-basi sejenak. Kemudian Beliau mengenalkan saya kepada kedua orang temannya.
Beliau menyebut saya sebagai salah satu murid kebanggaannya, yang telah mencapai seleksi lomba matematika tingkat provinsi. Seleksi yang masih berbekas di ingatan saya. Seleksi di mana, saya tidak lolos.
Atau saya pikir begitu.
Beliau baru memberitahu saya saat itu, bahwa sebenarnya saya mendapatkan juara tiga. Saya berhak mewakili sekolah dan juga wilayah saya ke karantina tingkat nasional, untuk seleksi selanjutnya.
Kata Beliau, saat itu ada daerah lain, yang membayar 150 juta rupiah untuk membeli peringkat tiga itu.
Uang sebesar itu, hanya untuk nama besar sekolah dan wilayahnya.

Saya teringat dengan salah satu episode serial televisi Amerika, Glee. Saat itu tim paduan suara yang berasal dari McKinley High School bertarung melawan dua tim lainnya untuk seleksi tingkat regional. Tanpa diduga, kedua tim itu tampil dengan membawakan lagu-lagu yang aslinya akan dibawakan tim dari McKinley.
Pembina dari McKinley menghampiri kedua pembina tim lain, dan berkata,
“Anda tahu apa yang sesungguhnya memalukan? Bahwa jika seandainya anda lebih percaya kepada mereka sedikit saja, mereka akan tampil menakjubkan di atas sana. Tanpa kecurangan.”

Ya, apalagi kejadian yang menimpa saya, dan mungkin juga banyak siswa lainnya terjadi di ruang lingkup dunia pendidikan.
Pada dasarnya seleksi atau lomba adalah untuk menguji kemampuan kita, baik siswa sebagai peserta maupun guru sebagai tenaga pendidik, bahkan dinas pendidikan daerah pun bisa mengukur kinerjanya dari seleksi tingkat provinsi sampai nasional. Tapi bila dikotori dengan kecurangan, semuanya menjadi percuma.

Tidak usah ada lomba, lelang saja gelar juaranya.

2 thoughts on “Harga Sebuah Gelar

  1. kalo sekali nyasar ntu namanye kebetulen, eh… kebetulan, tapi kalo lebih dari sekali nyasar ntu namanye ape yehhhh?? auk ah… nyang jelas, ane nyasar lagi neh ke blog ini.

    komen dikit yeh… tentang postingan ini.
    setau ane nih ye…. ada banyak dunia dalam hidup ini yang kesemuanya berbeda satu sama lain, bahkan saling bertolak peluru, eh… bertolak belakang.

    1. Dunia MIMPI: tempat kita mengalami suatu hal terbaik yang di luar kesadaran kita
    2. Dunia IMPIAN: tempat kita mengalami suatu hal terbaik yang disadari oleh kita, dikendalikan oleh kesadaran kita
    3. Dunia KHAYAL: tempat kita mengalami suatu hal terbaik, yang sebenarnya tak pernah dan tak mampu kita capai
    4. Dunia IDEAL: tempat kita mengalami suatu hal terbaik, tapi sebenarnya tak ada seorang pun yang dapat mencapainya, termasuk kita
    5. Dunia UTOPIS: tempat kita mengalami suatu hal yang sangat amat paling terbaik sekali, yang sesungguhnya tak akan pernah ada dan tak akan ada sampai kapanpun
    6. Dunia ILUSI: tempat kita mengalami suatu hal terbaik yang sebenarnya tak pernah kita alami, baik sadar maupun tidak sadar
    7. Dunia CITA-CITA: tempat kita mengalami suatu hal terbaik, namun kita harus terlebih dahulu memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh
    8. Dunia CINTA: tempat kita mengalami suatu hal terbaik, yang sesungguhnya tak mampu kita dapatkan, tak pernah kita bayangkan, tak pernah kita harapkan
    9. Dunia NYATA: tempat kita saat ini, tempat kita mengalami berbagai “keanehan” dan “keajaiban” yang sebenarnya tidak aneh dan tidak ajaib, tempat kita menyadari bahwa suatu hal terbaik itu sebenarnya adalah hal “terbaik” yang kita dapatkan dan yang kita alami, tempat berbagai dunia lainnya saling tumpang tindih tanpa kita tahu dan tanpa kita sadari sehingga kita tak tahu lagi di mana sesungguhnya kita saat ini berada.

    WELCOME TO THE JUNGLE, SELAMAT DATANG DI DUNIA NYATA!!!

    Oya, selamat ya… dah lulus SMA. Capailah dunia cita-cita sesuai keinginanmu! Selamat berjuang dan jangan pernah menyerah menghadapi apapun!!!

    VINI, VIDI, VICI => saya lihat, saya datang, dan saya taklukkan!!!

Leave a Reply

