Escalation of commitment

Dua hari terakhir ini, di sela-sela kesibukan saya mempersiapkan diri untuk final exam dengan cara marathon TV series, saya menyempatkan diri membaca catatan management saya. Di salah satu halaman penuh coretan cakar ayam, saya menemukan istilah ini:

Escalation of commitment: an increased commitment to a previous decision despite evidence that it may have been wrong. (Robbins & Coulter: 6-18)

dan saya terkejut.

Saya terkejut dengan betapa benarnya teori ini. Dengan fakta bahwa teori ini, berlaku untuk semua aspek hidup selain aspek nilai saya di subject Principles of Management.

Karena kita yakin dengan suatu hal, muncul bias, dan kadang, keyakinan yang tidak wajar.

Kita percaya itu benar, sekalipun fakta membuktikan bahwa itu salah. Tapi kita malah makin membelanya, bersikeras bahwa itu benar.

Dan bagaimana, karena kesalahan kita itu, kita melewatkan kebenaran yang sesungguhnya.

Sadar atau tidak, ini terjadi lebih sering daripada yang kita bayangkan.

2 thoughts on “Escalation of commitment

Leave a Reply

