Mengulurkan tangan

Beberapa hari terakhir, media Amerika didominasi oleh berita penembakan yang terjadi di sebuah Sekolah Dasar di Connecticut. Bagaimana tidak, selain kasus serupa telah banyak terjadi di sana termasuk penembakan oleh Joker saat premiere the Dark Knight Rises kemarin dulu, yang menjadi korban adalah anak kecil.

Ya. Anak-anak. Apa salah mereka?

Tidak ada. Mereka tidak bersalah. Well, mungkin sebagian dari mereka tidak mengerjakan PR hari itu, tapi ini di luar konteks.

Ini adalah sebuah tragedi. Noda besar bagi kemanusiaan, tidak hanya di Amerika, namun juga di seluruh dunia.

Apa yang bisa kita lakukan selain menyalahkan peraturan pemerintah setempat yang memperbolehkan kepemilikan senjata api dan mengutuk si pelaku?

“…karena meskipun tidak ada yang bisa mengisi kekosongan dari kehilangan seorang anak atau seseorang yang dicintai, kita semua dapat mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan, untuk mengingatkan bahwa kita ada untuk mereka, bahwa kita berdoa untuk mereka, bahwa cinta yang mereka rasakan kepada orang-orang yang hilang bertahan tidak hanya dalam ingatan mereka, tetapi juga dalam ingatan kita.”

– Barrack Obama

Menyalahkan peraturan dan mengutuk pelaku tidak akan memperbaiki keadaan.

Pidato President Barrack Obama tersebut mengingatkan kita bahwa ada yang bisa kita lakukan untuk mereka. Mengulurkan tangan kepada yang kehilangan. Berbagi untuk menghilangkan luka. Untuk kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s