20-12-2012

Bukan tanggalnya yang menjadikan hari ini special. Hari ini, adalah hari peringatan kelahiran salah satu teman terdekat saya di lingkungan yang baru, Reza Romano.

Bisa dibilang, di antara 26 teman sekelas, yang paling dekat dengan saya adalah Reza, Chenny dan Ichwan. Kami berempat sering bersama, dimulai dari rutinitas belajar bersama saat mid-term dan berlanjut ke aktivitas mem-bully Chenny, makan siang sehabis kelas, jalan kaki hingga perempatan depan malam-malam untuk membeli nasi goreng dan sop buah, serta hal kecil lainnya.

Tapi karena saya dan Reza juga bergabung dalam club yang sama, President University Leading Press (PULP) – ya, kami sama-sama suka menulis juga – maka kami lebih sering terlihat berdua. Saking seringnya, sampai-sampai salah satu anak accounting yang jelas-jelas berbeda fakultas dan jadwal kuliah dan hal lainnya, menggosipkan bahwa kami pacaran.

Reza adalah orang pertama yang menanyakan apa alamat blog saya. Saya tidak pernah menyangka dialah yang akan menjadi stalker sejati saya nantinya, bersama dengan Reza Kurnia dan Ichwan.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, Reza juga menulis. Tapi ia tidak hanya bercerita lewat kata-kata. Dia juga bercerita melalui gambar. Dengan kamera yang digunakan bersama kakak perempuannya, dia merekam dunia dengan sudut pandangnya sendiri.

Gambar-gambar yang dihasilkannya indah. Setidaknya bagi saya yang bukan fotografer.

Dia menggambar bukan hanya lewat kamera, tapi juga dengan pulpen dan pinggiran buku. Apalagi saat pelajaran membosankan, pasti pinggiran buku catatannya – yang berwarna biru, warna kesukannya – akan penuh oleh coret-coretannya. Saya tahu karena saya sering duduk di sebelahnya saat kelas.

Seperti halnya dia, dan orang-orang yang sering makan bersama saya, tahu bahwa saat saya ke Kondang, rumah makan setempat, saya pasti memesan nasi dengan telur. Sudah, hanya itu.

Mereka tahu kalau makanan saya tidak habis, saya pasti mengopernya ke Reza, yang berakhir pada kenaikan berat badannya secara drastis. Sebuah kebiasaan yang sekarang diikuti juga oleh Chenny. Jadilah Reza tempat sampah kami berdua.

Bukan hanya sebagai penampung makanan, Reza juga selalu sedia menampung curahan hati kami.

Dia adalah teman yang sangat baik.

Saat dia mematahkan payung saya, dia dan Chenny serta dua payung pinjaman entah dari mana, menjemput saya sampai gerbang depan agar tidak kehujanan. Saat dia dan Chenny meninggalkan saya dalam sebuah kelompok, dia mundur dari kelompok itu dan masuk ke kelompok saya. Sejak itulah, dia dan Chenny mengatai saya cewek manja. Sebuah ejekan yang saya balas, tentu saja. Chenny kemudian dikenal sebagai coleh, cowok lenjeh.

Ah memang, bicara soal Reza tidak lepas dari roommate lenjehnya ini. Dulu, mereka mengaku bahwa mereka adalah sepasang teman sekamar, tinggal di gedung SN (adanya gedung S atau N) di kamar 530 (yang mana lantai lima saja tidak ada). Sekarang, roommate-hood palsu ini sudah lebih realistis. Chenny tinggal di D8, dorm Reza, Ichwan, dan tiga orang lain yang sering ikut makan bersama kita ke depan, Sela, Reza Kurnia dan Illyas.

Saya merasa beruntung bertemu dengan mereka di semester pertama ini.

Sayang, tanggal 20-12-2012 juga berarti satu hal: pendaftaran ulang. Kelas baru. Dengan teman yang pasti berbeda. Kami mungkin tidak sekelas lagi.

Chenny, sejak beberapa minggu yang lalu, sudah takut dengan fakta ini.

“Gue nggak mau nanti kita ketemu di jalan Cuma sapa-sapaan biasa doang. Nggak kaya begini lagi.”

Dan kami meyakinkannya, bahwa kita tidak akan seperti itu. Padahal kami juga tidak tahu ke depannya akan seperti apa.

Saya juga tidak tahu.

Yang saya tahu adalah, meskipun nantinya kami berpisah dan mempunyai teman baru, kami tetap teman baik selama semester satu. Kami bersenang-senang, punya kenangan indah satu sama lain.

Itu saja sudah cukup.

Meskipun nanti kita tidak sering bersama lagi, ketahuilah, bahwa saya merasa beruntung bertemu dengan kalian semua, dan saya benar-benar berharap kita masih bisa seperti saat semester satu dulu.

Selamat ulang tahun Reza Romano, semoga berbahagia selalu.

One thought on “20-12-2012

Leave a Reply

