The Yips

Orang-orang terdekat saya mungkin tahu bahwa saya sangat menggemari serial How I Met Your Mother, mungkin Anda yang setia membaca blog saya juga mulai menyadari hal ini, berhubung saya sudah beberapa kali menuliskan tentang serial ini. Saya menontonnya saat bosan, saat sedih, saat senang, dan saat-saat lainnya.

Alasannya sederhana, karena dalam serial ini, banyak hal yang bisa kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan kita sendiri.

Salah satunya, adalah the yips (sampai sekarang saya belum menemukan padanan katanya dalam Bahasa Indonesia).

***

The Yips adalah ketidakmampuan kita melakukan sesuatu yang sebenarnya sederhana karena kita terlalu memikirkannya.

Sering terjadi? Sangat.

Berapa kali kita tidak melakukan sesuatu hanya karena kita menganggap hal itu terlalu sulit? Berapa kali kita mengurungkan niat karena merasa tidak sanggup menanggung konsekuensi dari sesuatu? Berapa kali kita tertahan pikiran kita sendiri?

Memang, dalam setiap keputusan, ada baiknya kita memikirkannya masak-masak. Tapi ada saat-saat di mana kita harus mengesampingkan pikiran-pikiran itu, saat-saat di mana yang diperlukan bukan akal, tapi keberanian untuk benar-benar melakukan sesuatu.

Pak Adar Mahdar, guru sosiologi saya saat kelas sepuluh, pernah berkata,

“Jalan saja dulu, pikir belakangan.”

Saya rasa prinsip itu ada benarnya juga. Bahkan dalam ilmu managemen, ada tiga macam pendekatan pengambilan keputusan: rasional, rasional yang terbatas, dan intuisi.

Donald Trump dan orang-orang sukses lainnya juga begitu. Mereka percaya pada insting mereka, meskipun orang lain dan hal-hal rasional macam pertimbangan untung rugi berkata sebaliknya. Tapi mereka mengesampingkan semua itu, mereka percaya pada insting mereka, bahwa mereka bisa.

Dan mereka bisa.

Kalau mereka yang mempunyai banyak hal untuk dipertaruhkan saja bisa mempercayai insting mereka, mengapa kita yang mempunyai nothing to lose tidak bisa?

One thought on “The Yips

Leave a Reply

