Resolusi tahun baru

Sekitar akhir November lalu, sebuah ide resolusi tahun baru muncul di pikiran saya. Membaca paling sedikit satu buku setiap minggunya.

Tapi tetap saja, seperti hapalan saat sekolah, resolusi tahun baru dibuat untuk dilupakan. Paling hanya bertahan satu atau dua bulan, setelah itu kita mulai menelantarkannya begitu saja.

Masalah konsistensi tentunya tidak usah dibahas lagi, semua juga tahu rencana-rencana yang terkesan brilian di akhir tahun sebelumnya itu tidak terlaksana karena kita mendapatkan kebiasaan atau aktivitas baru yang lebih seru.

Tapi di sisi lain, memang begitulah hidup.

Banyak manusia yang bisa merencanakan hidupnya matang-matang, sangat jarang yang hidupnya benar-benar sesuai rencana. Pasti ada penyimpangan.

Seperti yang dikatakan Lily di How I Met Your Mother,

You can’t design your life like a building. It doesn’t work that way. You just have to live it and it will design itself.

Saya sendiri setuju dengan perkataan Lily. Jalani saja hidup dan biarkan dia yang mendesain dirinya sendiri. Saya, dari dulu, tidak pernah punya impian jangka panjang karena impian itu akan selalu berubah. Saya memandang hidup sebagai runtutan pilihan, jalani saja, pilih opsi yang terbaik saat ini, nantinya pilihan-pilihan tersebutlah yang akan membentuk hidup Anda.

Jika Anda sudah terlanjur jatuh cinta dengan resolusi tahun baru dan yakin bisa menjalaninya, ya laksanakan. Namun apabila di pertengahan tahun depan nanti rencana itu gagal, terima saja. Lakukan apa yang nantinya terbaik untuk anda.

Hidup itu fleksibel, mengalir, tidak pasti. Jangan melawan semua itu dengan membuat rencana yang kaku, Anda akan terseret arusnya nanti.

2 thoughts on “Resolusi tahun baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s