Persona 4: Taklukkan Diri Sendiri

Setiap orang punya musuh. Tidak semua orang tahu bahwa musuh terbesar adalah diri sendiri.

Persona 4, sebuah anime (kartun khas Jepang) yang terdiri dari 25 episode, menyadarkan kita semua akan hal tersebut.

* * *

Dalam Persona, hampir setiap tokoh menemukan diri mereka sendiri berhadapan dengan sebuah sosok yang disebut dengan shadow (bayangan). Bayangan ini adalah bagian dari diri mereka sendiri.

“Saya adalah kamu dan kamu adalah saya,” begitu yang dikatakan oleh bayangan masing-masing ketika berhadapan dengan diri mereka yang asli.

Sayang sekali, para tokoh ini malah ketakutan dan tidak terima. Karena bayangan yang mereka hadapi merefleksikan bagian tersembunyi dari diri mereka yang dibenci dan disembunyikan.

Yang menarik adalah bagaimana bayangan ini bertambah kuat dan berbahaya. Dengan satu kalimat dari para tokoh, “Kamu bukan saya.”

Dengan penolakan ini bayangan itu bertambah kuat. Penolakan terhadap sesuatu yang sebenarnya adalah bagian dari kita malah berujung fatal, membahayakan diri kita sendiri.

* * *

Kita semua punya bayangan kita masing-masing. Bagian dari kita sendiri, entah kebencian terhadap sesuatu, jati diri yang kita sembunyikan, kesukaan akan sesuatu yang dianggap aneh oleh orang lain dan banyak hal lainnya. Kita berusaha menyembunyikannya, menolaknya mati-matian agar orang lain tidak tahu. Menekan bagian itu agar tidak muncul. Pada akhirnya, kita membohongi dan menyiksa diri sendiri.

Satu-satunya cara untuk terbebas dari bayangan kita adalah dengan menerimanya.

Meskipun monster bayangan dalam Persona dilemahkan oleh kekuatan dan serangan fisik, pada akhirnya setiap tokoh menyadari bahwa bayangan itu bukan sesuatu yang harus mereka tolak. Sebaliknya, bayangan adalah sosok diri sendiri yang harus kita rangkul dan terima.

Ketika kita menerima bagian tergelap dari diri sendiri itulah, kita akan bertambah kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s