Yang kecil yang berarti

Dulu, orang menghargai sesuatu yang besar. Manusia memuja objek-objek berukuran raksasa, seperti matahari, bulan, dan gunung. Tidak ada yang memperhatikan butiran debu. Hal yang kecil tidaklah berarti. Tidak berpengaruh banyak, tidak penting.

Kemudian seseorang menemukan atom dan bagian-bagian di dalamnya. Jutaan mata tercengang melihat Hiroshima dan Nagasaki yang binasa karena benda terkecil yang (katanya) tidak bisa dibagi lagi itu.

Fokus dunia pun berubah.

Teori yang dianggap bisa menjelaskan segalanya di semesta yang tak terhingga luasnya ini malah berfokus pada string, sesuatu yang bahkan  jauh lebih kecil lagi daripada atom. Para ahli biologi berlomba-lomba merekayasa DNA, bermain puzzle dengan potongan-potongan kecil gen.

Baik string, gen, dan hal-hal superkecil lain yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata menjadi fokus penelitian saat ini. Sedikit saja berubah, lalu akan berefek pada skala besar. Lihat saja kelainan genetis. Paling-paling hanya disebabkan oleh mutasi satu kromosom. Tapi berefek pada skala individu sepanjang umurnya.

Ilmu pengetahuan sudah mengajarkan pada kita, bahwa hal yang terkecil sekalipun berarti. Tibalah saatnya kita untuk mengaplikasikannya pada kehidupan.

Banyak sekali hal yang kita abaikan karena dianggap tidak penting. Karena kita anggap kurang berarti. Kita cenderung lebih memperhatikan hal-hal yang besar. Sering sekali kita mendapat kesulitan akibat pengabaian tersebut.

Coba perhatikan lagi diri sendiri dan sekeliling kita. Perhatikan lebih dekat, lebih teliti. Lihat detailnya, jangan hanya melihat pada skala besar. Jangan mengabaikan hal yang terkecil sekalipun, tak peduli betapa tidak pentingnya itu bagi kita. Kita tidak pernah tahu kapan hal kecil yang dianggap tidak penting itu bisa menjadi penentu segalanya.

Ingatlah, bahwa hal yang kecil bisa berarti besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s