Hubungan LHC dengan masa depan Indonesia

Sebagai mantan anak IPA yang sekarang berputar haluan 180 derajat ke jurusan hubungan internasional, di mana tanda + hanyalah berarti Palang Merah dan bukannya lambah sebuah operasi matematika, kadang saya masih susah terlepas dari ke-IPA-an saya.

Bukan, yang saya maksud bukan soal seringnya saya menonton ulang The Big Bang Theory. Saya menonton itu karena lucu dan karena nggak ada serial drama berjudul The Diplomats.

Salah satu tanda bahwa saya belum sepenuhnya move on dari IPA adalah saat saya membawa-bawa fisika di ujian semester Pengantar Hubungan Internasional.

Inti dari salah satu soal ujian tersebut adalah menyebutkan satu negara yang bisa menjadi penting di masa depan Indonesia dan sebutkan alasannya.

Saya menjawab Swiss, karena selain ketangguhan ekonominya yang dibuktikan dengan peringkat pertama dalam Indeks Daya Saing Global yang dikeluarkan oleh Forum Ekonomi Dunia selama tiga tahun berturut-turut, Swiss juga sangat maju dalam hal Research and Development (R&D). Buktinya adalah kepemilikan Large Hadron Collider, mesin paling besar dan paling powerful dalam penelitian fisika partikel sedunia. Saya juga menambahkan bahwa mungkin saja bila hubungan bilateral Indonesia-Swiss berjalan baik, mahasiswa dan ilmuan Indonesia dapat belajar dari Swiss sehingga meningkatkan kualitas R&D negeri ini.

Ngasal abis. Itulah komentar ketika kita menjawab sebuah pertanyaan yang dasarnya politik dengan membawa mesin yang setara dengan Kabah bagi para ilmuan fisika.

Dan sekarang saya sedang cemas karena nilai mata kuliah Pengantar HI belum keluar juga. Padahal teman-teman yang lain sudah tahu berapa nilai mereka. Jangan-jangan dosen saya tidak memberi saya nilai karena saking frustrasinya melihat jawaban saya…..

Leave a Reply

