Let’s Get Married!

Setiap kali satu jenjang pendidikan selesai, seseorang akan dihadapkan kepada tiga pilihan:

  1. Melanjutkan pendidikan dan/atau menambah gelar
  2. Bekerja
  3. Menikah

Sebagai mahasiswa tingkat satu, mungkin belum waktunya saya memikirkan apa yang akan saya pilih ketika lulus nanti. Toh nilai semester dua saja belum semuanya keluar. Tapi beberapa teman saya sudah merencanakan ke mana mereka akan melanjutkan kuliah, jurusan apa yang diambil nantinya, atau ke mana mereka akan kerja.

Ketika saya bercerita ke ibu saya, Beliau menyarankan agar saya tidak usah melanjutkan pendidikan ke strata dua. Alasannya sederhana: agar tidak terlambat menikah.

Ya, Anda boleh saja tertawa. Tapi menikah adalah persoalan sensitif bagi wanita. Banyak yang terlalu asik belajar atau mengejar karir, hingga tanpa terasa usia sudah makin bertambah dan calon suami makin sulit didapat.

Belum lagi faktor bahwa menikah dan melahirkan di usia tua sangatlah berisiko bagi wanita. Salah-salah nyawa bisa melayang.

Ibu saya sendiri menikah dan mempunyai anak pertama di usia muda. Di usianya yang sekarang, empat puluh tiga tahun, Beliau tinggal membiayai saya hingga lulus kuliah, lalu bisa berhenti menjalankan bisnis dan menghabiskan waktu dengan bermain voli atau bulutangkis. Singkatnya, dia bisa pensiun di usia empat puluh lima.

Teman-temannya yang lain masih memiliki anak yang masih SD, bahkan masih balita. Mereka masih harus mengumpulkan banyak uang untuk membiayai anaknya. Belum lagi fakta bahwa pendidikan dan biaya hidup makin lama makin mahal.

Saya sendiri setuju dengan pendapat ibu saya. Saya tidak mau harus bekerja untuk membiayai anak sampai usia tua. Malah menyiksa diri nantinya.

Intinya, meskipun mengejar gelar dan karier itu penting, jangan sampai membuat kita lupa akan pernikahan. Marilah menikah muda, agar tua tidak usah bekerja!

Leave a Reply

