Bohong kalau seseorang bilang dia tidak punya sesuatu untuk ditulis.

Sesuatu itu, yang bernama ide, sebenarnya selalu ada di sekeliling kita. Dia berlimpah seperti udara yang kita hirup setiap hari. Namun seperti udara itu pulalah, ide sering sekali tidak kita sadari.

Yang sebenarnya terjadi, pada kasus saya setidaknya, adalah pembatasan ide tersebut. Kadang, kita membatasi diri sendiri. Ide sudah ada, tulisan sudah rampung, hanya saja, ada keraguan untuk mempublikasikannya.

Pointer mouse yang harusnya mengklik tombol “publish post” itu bergerak ke arah “save draft“. Dan teronggoklah tulisan itu, yang meskipun menampung ide yang hebat, tapi tak pernah tersampaikan.

Itulah yang membuat blog ini kering tiga bulan terakhir. Entah kenapa, saya ragu mempublikasikan tulisan yang saya buat. Saya takut bahwa tulisan dan ide saya sudah basi. Saya membatasi diri sendiri dengan asumsi yang saya buat sendiri.

Sampai pada akhirnya, saya tidak peduli lagi.

Dan memang begitulah yang harusnya dilakukan. Tidak usah perduli mau orang berkata apa. Bagus atau tidak memang tergantung pembaca. Tapi hal yang paling penting adalah bagaimana saya tetap menulis. Karena bila saya berhenti, saya tidak akan pernah bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

