Rasa Kasihan yang Sia-Sia

Robbie Weedon merupakan korban. Dia dilahirkan dari seorang pecandu yang bahkan tak tahu ayah dari anaknya itu. Dua kakak tertuanya diambil negara, dan satu yang tersisa toh pada akhirnya menelantarkannya demi kepentingannya sendiri. Di detik-detik terakhir hidupnya, dia berkeliaran merengek meminta air. Dan tak ada seorangpun yang menghampiri bocah tersebut.

Ketika mayatnya dibawa keluar dari arus sungai yang dalam, barulah semua orang menaruh rasa kasihan dan penyesalan yang sia-sia.

Meskipun Robbie hanyalah salah satu tokoh dalam novel terbaru J. K. Rowling yang berjudul the Casual Vacancy, bukan berarti apa yang terjadi padanya tidak terjadi pada orang lain dalam dunia nyata.

* * *

Kita sering sekali melihat orang-orang yang jauh kurang beruntung dibandingkan kita. Rasa kasihan muncul pada sebagian besar dari kita. Tapi apakah kita sudah melakukan aksi nyata untuk mengungkapkan rasa kasihan dan meringankan penderitaan orang-orang tersebut?

Jarang, saya rasa.

Rasa kasihan adalah sesuatu yang pasif. Tidak berpengaruh pada kehidupan orang lain. Rasa kasihan sendiri tidaklah berguna. Fungsi dari rasa kasihan adalah sebagai pendorong untuk melakukan tindakan yang nyata dan jauh lebih mulia: menolong.

Hanya dengan menolonglah keberadaan kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Orang tidak perduli apakah kita kasihan padanya atau tidak. Rasa kasihan itu tidak berguna bagi mereka. Yang mereka butuhkan adalah tindakan nyata.

Siapa tahu, pertolongan kita bisa mengubah hidup orang tersebut. Siapa tahu, karena rasa kasihan kita tidak terwujudkan, berikutnya kita tidak akan pernah bisa melihat orang itu lagi.

Jangan begitu hal yang terburuk sudah terjadi, barulah kita menyesal karena tidak sempat melakukan sesuatu. Kesempatan untuk menolong itu selalu ada, hanya saja tidak ditemani oleh tindakan nyata.

Aktiflah, wujudkan rasa kasihan dalam bentuk pertolongan selagi masih belum terlambat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s