Sebuah Sosok di Balik Nama

Semua orang kenal nama Kartini. Tidak semua orang tahu sosok di balik nama tersebut.

Kartini adalah nama yang sangat familiar di telinga orang Indonesia. Kartini adalah nama dalam sebuah lagu wajib. Kartini yang tanggal lahirnya diperingati setiap tanggal dua puluh satu April. Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita. Kartini yang asal Jepara. Kartini yang rajin surat-menyurat dengan Nyonya Abendanon. Kartini yang suratnya dibukukan dengan judul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Kartini yang pahlawan nasional wanita itu.

Jujur, hanya segitu yang saya tahu tentang Kartini sebelum tanggal dua puluh satu bulan ini.

Kita hanya mengenal Kartini sebagai sebuah nama dengan predikat pahlawan nasional yang digambarkan sebagai wanita Jawa bersanggul lengkap dengan kebaya. Sesungguhnya, banyak cerita yang tersembunyi di balik harumnya nama Kartini.

Saya sendiri baru sadar seberapa sedikit saya mengenal sosok tersebut saat membaca serangkaian artikel karya @zen_rs dan membaca majalah Tempo edisi 22 April. Banyak sekali yang saya tidak tahu tentang Kartini. Karena meskipun tanggal lahirnya diperingati setiap tahun di sekolah mulai dari TK hingga SMP, Kartini hanya dibahas sekilas.

Pengetahuan saya tentang Kartini hanya sebatas informasi hapalan yang bisa dirangkum dalam satu paragraf. Selebihnya saya bisu.

Ironis sekali rasanya. Kita merayakan tanggal lahirnya, mengabadikan perjuangannya dalam sebuah lagu, tapi hanya sedikit sekali cerita hidupnya yang kita tahu.

Leave a Reply

