Kenalan

Apakah kita benar-benar mengenal seseorang?

Mengenal seseorang memang tidak akan pernah ada habisnya. Pertama kita cuma kenal nama, lalu kita mulai tahu yang mana sosoknya. Lalu bila kita berteman atau berhubungan dengan orang-orang yang juga mengenal dia (entah benaran atau cuma sekedar tahu kabar burung tentangnya), kita akan mendengar beberapa hal tentang dia. Entah benar atau tidak.

Yang langka adalah kesempatan untuk benar-benar berinteraksi dengan orang tersebut.

Saya punya beberapa orang teman yang bernasib sama. Mereka mengagumi seseorang (orangnya berbeda) dan mencari tahu tentangnya lewat internet. Mereka bisa tahu sudah berapa lama orang tersebut menyandang status jomblo, mereka bisa tahu asal orang tersebut, mereka bisa tahu apa saja yang menjadi kesukaan orang tersebut, mereka bisa tahu hampir segalanya tentang orang itu.

Sedihnya, orang yang mereka hapal informasinya itu, bahkan tidak tahu siapa mereka. Teman-teman saya mengenal tanpa pernah dikenal.

Sekalipun sudah berada dalam lingkungan yang sama, sekalipun sudah ‘berteman’ di jejaring sosial, sekalipun sudah bisa mencocokkan nama dan sosok satu sama lain, bukan jaminan bahwa dua orang akan saling menyapa ketika berpapasan di jalan.

Jangankan menyapa, kadang senyum pun sungkan.

Internet memang sumber informasi yang sangat kaya. Jejaring sosial memang bisa menghubungkan manusia. Tapi tetap saja, tidak ada legitimasi yang datang darinya. Rasanya, tidak afdol mengaku mengenal seseorang hanya lewat internet tanpa pernah berinteraksi dengannya di luar layar LCD.

Pada akhirnya toh kita bisa menyadari, sepatah dua patah kata yang terucap lebih bermakna ketimbang berjam-jam menggali akun seseorang.

One thought on “Kenalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s