Tuntutan

Kadang saya merasa bahwa kita dididik secara salah.

Sewaktu sekolah dulu, guru-guru selalu mengingatkan agar kita belajar dengan baik. Supaya bisa naik kelas, katanya. Lalu kemudian tuntutan itu berganti, belajar agar bisa masuk sekolah favorit. Kemudian menjadi universitas favorit. Sampai akhirnya kita belajar keras untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Ketika sudah bekerja pun, ternyata tuntutan itu masih belum selesai. Kita membanting tulang untuk mendapatkan promosi atau kenaikan gaji. Begitu saja terus menerus.

Semua tuntutan itu diajukan atas nama kesuksesan.

Dua belas tahun sekolah, empat tahun kuliah, bertahun-tahun bekerja, kita dituntut. Memforsir diri sendiri. Belajar lebih giat, bekerja lebih keras. Demi sebuah konsep abstrak yang bernama kesuksesan. Kata orang, kita harus sukses dulu agar bisa hidup bahagia.

Saya kira, semuanya percuma.

Apa artinya sukses bila kita tidak bahagia selama menjalaninya? Untuk apa kita meraih kesuksesan di satu titik bila harus menderita bertahun-tahun? Ketika kita sudah meraih kesuksesan pun, belum tentu kita bisa menikmatinya karena harus mengejar level kesuksesan yang lebih tinggi.

Saya kira sukses bukan segalanya. Kebahagiaanlah yang berarti, dan bahagia adalah pilihan. Anda bisa bahagia kapanpun Anda mau tanpa harus memasang target ini itu terlebih dahulu. Dan sukses, tidak selamanya tentang tuntutan hidup dan ambisi.

Didikan seperti itu, tuntutan-tuntutan itu, memberikan gambaran yang salah tentang konsep hidup. Seakan-akan, hidup adalah serangkaian target yang harus dicapai. Seakan-akan, orang yang memilih untuk bekerja biasa-biasa saja dan bersenang-senang tidak bisa bahagia.

Kalau begini, sama saja kita dididik untuk menjadi buruh. Bekerja keras seumur hidup, di bawah tuntutan, tanpa sempat menikmati hasil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s