Belanja untuk negara

Siapa yang tidak takjub membaca ini?

Transaksi di perhelatan pesta diskon Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2013 dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-486 DKI Jakarta melampaui target. Transaksi selama 1,5 bulan ini mencapai Rp 11,8 triliun. (sumber: Kompas)

Saya sih, takjub. Pasalnya, sebelas triliyun itu jumlah yang sangat besar. Dan itu uang semua, bukan daun seperti di film Suzana. Sebelas triliyun itu, datang dari hawa nafsu ibu-ibu, kalangan sosialita, remaja gaul, dan mungkin pria metroseksual Jakarta yang kalap melihat diskon.

Sebagai perbandingan, PDB* Indonesia pada tahun 2011 adalah 878.04 miliar dolar Amerika pada tahun 2012. Supaya mudah, kita anggap satu dolar Amerika setara dengan sepuluh ribu rupiah. Didapatlah angka PDB Indonesia = 8780.400 miliar rupiah = 8780 T rupiah.

(11.8/8780.4) x 100% = 1.34%

Jakarta Great Sale, yang berlangsung selama satu setengah bulan, di satu kota, bisa menyumbang hingga lebih dari satu persen PDB.

Saya tidak tahu, apakah harus takjub, atau prihatin kepada suami-suami yang kantongnya terkuras habis untuk belanja sanak keluarganya. Yang jelas, ini kurang lebih membuktikan bahwa kekuatan ekonomi Indonesia bertumpu pada kaum-kaum seperti mereka: yang konsumtif.

Kalaupun ada pelajaran yang bisa dipetik dari kasus ini, well, saya cuma dapat satu. Belanjalah untuk negara!

 

* PDB adalah Produk Domestik Bruto. Jumlah barang dan jasa serta infrastruktur yang dihasilkan dalam lingkup satu negara. Biasanya ini yang digunakan sebagai tolak ukur kekuatan ekonomi suatu negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s