Interfaith Dialogue

Sebagai mahasiswa di jurusan ilmu sosial, saya punya banyak teman yang aktif di berbagai seminar atau konferensi baik tingkat nasional ataupun internasional. Iya, teman saya. Saya tidak pernah aktif karena satu dan hal lainnya.

Beberapa hari yang lalu, jurusan saya mengadakan sebuah forum diskusi bertemakan interfaith dialogue (dialog antarumat beragama). Kami mengundang satu keluarga Muslim Amerika keturunan Bangladesh. Mereka menceritakan pengalaman mereka sebagai minoritas di sana, yang mana sebagai pemeluk agama Islam, selalu disangkutpautkan dengan stereotipe teroris dan menjadi target kampanye kebencian paska kejadian 9/11.

Saya tidak akan bercerita banyak soal pengalaman keluarga tersebut. Bukan isi dialog itu yang akan saya bahas di sini, tapi soal efektivitas dialog itu sendiri.

Ya, mendengar ceritanya sebagai minoritas, saya merasakan simpati kepada kaum Muslim di Amerika. Tapi itu bukan hal baru semenjak saya juga adalah seorang minoritas di negeri kelahiran saya sendiri. Teman-teman saya juga bukannya mendapatkan sesuatu yang baru lewat dialog itu. Hanya sebuah cerita lain dengan pesan yang sama, yang kita sudah ketahui dan pahami sebelumnya.

Saya merasa bahwa dialog antarumat beragama yang sering diadakan oleh berbagai universitas dan instansi tidak terlalu berdampak besar bagi kerukunan antarumat beragama di negeri ini.

Alasannya sederhana: karena yang datang adalah mereka yang sebenarnya sudah paham, hanya saja ingin mengerti lagi. Lalu di seminar atau dialog semacam itu mereka saling bertemu dan bertukar pikiran, dengan mereka yang sama-sama sudah paham.

Dialog antarumat beragama kadang tidak bekerja karena satu hal, yaitu fakta bahwa orang yang sesungguhnya membutuhkan pemahaman lebih mengenai hal tersebut tidak pernah cukup tergugah untuk datang.

Leave a Reply

