Jalesveva Jayamahe

Justru di laut kita jaya. Begitulah arti judul tulisan ini. Setidaknya itu yang tercantum di salah satu poster yang tergantung di ruang makan president suite KRI Nusanive 793.

Rabu kemarin saya dan teman-teman dari President University Model United Nations (PUMUN) Club berkesempatan untuk mengunjungi kapal perang terbesar milik TNI AL buatan Jerman itu. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang dua pertiga wilayahnya adalah laut, Indonesia memang seharusnya berjaya di laut.

Entah kenapa, nampaknya Jalesveva Jayamahe hanyalah angan kosong semata. Di lautlah kita pincang.

Dibandingkan dengan negara lain, rasio dana untuk pertahanan dan total GDP Indonesia terbilang kecil. Dan itupun masih harus dibagi-bagi lagi untuk TNI AD, AL, dan AU.

Seorang dosen yang merupakan pakar pertahanan dan kemananan mengatakan bahwa di Indonesia, TNI AD-lah yang mendapat kucuran dana terbesar.

Teorinya, dana terbesar adalah untuk Angkatan Udara. Mengapa? Karena seluruh teritori Indonesia ditutupi udara. Yang kedua adalah laut, barulah yang terakhir untuk angkatan darat.

Laut sangat penting untuk Indonesia karena kita banyak berbatasan dengan negara lain lewat laut. Dan batas di laut adalah yang terbilang sulit untuk ditegakan, sehingga sangat sering dilanggar.

Kunjungan ke Kolinlamil (Komandan Lintas Laut Militer) TNI AL kemarin semakin menegaskan betapa pincangnya kita di laut. Betapa sulitnya kita mengejar pelanggar laut kita karena kecilnya dana dan peralatan yang tersedia.

Laut kita yang luas butuh perhatian yang besar, juga dana yang besar pula. Tapi karena pemerintah belum bisa memberikan keduanya, sekarang laut kita habis dijarah pelaut asing.

Dan pelaut kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Yah, mungkin memang cuma nenek moyang kita saja yang pelaut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s