2014 = 1984

Ini adalah suatu hari yang cerah di Bulan April, dan jam-jam baru menunjukkan angka tiga belas. Dan kita perlahan-lahan terjebak masuk dalam dunia 1984 karangan George Orwell.

Ya, layar TV dan komputer Anda memang tidak bisa memata-matai seluruh kegiatan Anda, juga tidak ada poster Big Brother di mana-mana (kalau Big Boss di poster kampanye sih banyak), tidak ada perang berkelanjutan, dan yang paling penting adalah fakta bahwa saya masih bisa menulis ini tanpa ditangkap oleh Thought Police.

Tapi seperti saya bilang sebelumnya, kita terjebak perlahan-lahan. Masyarakat kita, seperti kodok yang sedang berenang dalam panci yang sedang dipanaskan, tidak merasakan bahaya ini.

Skandal penyadapan oleh NSA membuktikan bahwa layar-layar kecil yang kita bawa ke mana-mana pun perlu diwaspadai. Bukan Big Brother, tapi Uncle Sam yang memata-matai Anda.

Manipulasi sejarah pun bukan hanya pekerjaan fiksional. Bukalah sejarah Indonesia, dan kita akan menemukan kebolongan plot di mana-mana. Banyak halaman dalam sejarah kita yang bukan hanya ditulis ulang, tapi juga disobek dan tidak diketahui di mana keberadaannya seperti Supersemar.

Kebebasan berpikir dan berkumpul pun sedikit banyak dibatasi. Lihat saja apa yang terjadi di Universitas Indonesia, universitas tertua dan dipandang sebagai yang nomor satu di negeri ini, yang melarang mahasiswanya mengadakan diskusi soal liberalisme. Lihat saja yang terjadi di Surabaya, di mana bedah buku Tan Malaka bernasib serupa karena dianggap terlalu kiri.

Dan bagi masyarakat biasa, yang tidak tahu apa-apa, yang hanya bisa mendapat informasi yang sudah difilter sana-sini sesuai kebutuhan masing-masing, inilah dunia yang normal.

Ini adalah suatu hari yang cerah di Bulan April, dan jam-jam baru menunjukkan angka tiga belas. Di tahun 2014 yang terasa seperti 1984.

One thought on “2014 = 1984

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s