“Ih, itu kan buat anak kecil!”

Here are some facts: saya akan berusia 20 akhir tahun ini, dan saya masih suka menonton anime, kartun, atau film animasi lainnya. Terakhir kali saya ke pasar malam, saya tergoda bungkusan gulali merah jambu yang gembung dan menggiurkan. Saya masih suka bacaan anak-anak (Coraline, Narnia, buku-buku awal Harry Potter). Dan saya tidak akan pernah menolak kalau diajak main ayunan.

Dan saya paling tidak suka kalau ada yang berkomentar, “Ih, itu kan buat anak kecil!”

Kakak saya juga tidak suka dibilang begitu. Empat tahun lebih tua dan sudah bekerja, dia masih senang bermain game. Entah di komputer, PS, PSP, PS Vita, NDS, sebut saja.

Sama seperti saya, dia juga suka menonton anime. Baik yang pernah kami tonton saat masih kecil, atau yang baru.

Dan hobinya, baik game ataupun anime, juga sering mendapat komentar rese di atas.

Sebenarnya, tidak ada salahnya bila kita ingin terus bersama hal-hal yang menyenangkan saat kita kecil. Kalau sekarang hal kekanakan tersebut masih bisa membuat kita bahagia, kenapa tidak? Kedewasaan tidak ada hubungannya dengan minat atau hobi seseorang.

Lagipula, banyak hal yang terpendam di balik sesuatu yang kelihatannya kekanakan.

Seperti ribuan anak Indonesia lainnya, saya menonton One Piece sejak pertama kali disiarkan di RCTI pada sebuah Minggu pagi. Entah kenapa, saya langsung jatuh cinta. Sampai sekarang.

Dulu, One Piece hanya tentang perjuangan Luffy menjadi Raja Bajak Laut, tentang persahabatan dan harapan. Sekarang barulah saya mengerti hal-hal lain dalam One Piece. Tentang konsep ke(tidak)adilan, penjajahan, kemiskinan, perbudakan, rasisme, pemberontakan, bahkan perang.

Dan semua itu saya pelajari dari sebuah hal yang dianggap orang hanya cocok untuk anak kecil saja.

Siapapun yang bilang anime hanya untuk anak kecil, pasti tidak mengerti anime yang sesungguhnya.

Atau mungkin, mereka belum pernah melihat belahan dada Nami.

Leave a Reply

