Mengapa kita bersandiwara?

Dunia ini panggung sandiwara, lengking penyanyi-penyanyi Indonesia dari berbagai generasi. Tiap orang yang kita temui, bahkan diri kita sendiripun, tidak ada yang benar-benar menjadi dirinya sendiri. Pasti ada sedikit sandiwara, yang disesuaikan oleh tokoh yang kita temui dan setting ceritanya. Setiap hari, kita berpura-pura, memerankan seseorang yang mungkin tidak terlalu berbeda dari kita yang aslinya, tapi tetap cuma peranan.

Mungkin, salah satu alasan mengapa kita bersandiwara adalah agar kita diterima.

Karena tidak semua orang menerima kita apa adanya. Selalu ada batas, begitu kata salah seorang teman terdekat saya. Dan batas-batas itulah yang mengharuskan kita bersandiwara.

Saya di depan dosen tentunya beda dengan saya di depan teman-teman saya. Bahkan, saya di depan teman yang satu pun berbeda dengan saya yang dikenal oleh teman yang lainnya.

Saking frustrasinya karena gagal bersandiwara sebagai teman yang baik, saya sampai bertanya pada teman saya yang lain tentang bagaimana saya di matanya. Dan buat dia, saya baik-baik saja. Buat dia, Devina yang suka membicarakan hal tidak penting, yang bisa diajak bercanda.

Tapi ternyata saya bukan Devina yang seperti itu di mata orang lain.

Bahkan, ketika saya memainkan peranan yang sama di depan orang yang berbeda, yang mereka tangkap adalah dua karakter yang berbeda.

Dunia ini panggung sandiwara. Kitalah pengarang skripnya, kitalah tokohnya, dan kita pulalah penontonnya.

Dan ketika layar sudah ditutup, saat kostum-kostum sudah dilepas, saat topeng sudah digantung, dan lampu panggung telah dimatikan, barulah di situ, di saat kita sendirian, kita mempertanyakan siapa kita yang sebenarnya. Kita yang tanpa sandiwara, dan apakah kita bisa menerima diri sendiri apa adanya.

Leave a Reply

