Cara pakai Overdrive untuk pengguna Indonesia

Salah satu pertanyaan dari teman-teman yang berminat membeli Kindle adalah: Nanti beli bukunya gimana?

Saya sudah pernah bahas soal enaknya membaca pakai Kindle di sini, sudah bahas juga bahwa bisa meminjam buku di perpustakaan untuk dibaca di Kindle.

Untuk pinjam buku di perpustakaan, perlu pakai Overdrive. Ini sebuah app tapi sebetulnya bisa diakses juga via browser di desktop atau pun mobile. Saya biasanya buka di browser mobile dan selalu lancar.

Sederhananya, Overdrive itu akses ke perpustakaan. Jadi sebelum buka Overdrive, yang penting adalah jadi anggota di perpustakaan yang terdaftar di Overdrive. Masalahnya buat orang Indonesia: Perpustakaan Nasional RI belum terdaftar di Overdrive.

Untungnya: ada perpustakaan-perpustakaan di negara lain yang memperbolehkan warga negara lain untuk menjadi anggota dan meminjam buku, tapi harus membayar biaya keanggotaan. Yang mana wajar, karena toh kita tidak membayar pajak di negara itu.

Saya sendiri jadi anggota di Fairfax County Library, Virginia, Amerika Serikat. Dari beberapa yang saya lihat, Fairfax ini termasuk yang murah keanggotaannya dan koleksinya lumayan lengkap. Bagi anggota yang bukan warga negara AS dikenakan biaya tahunan sebesar US$ 27 (sekitar Rp 385,000). Ini murah banget buat saya yang tiap punya giftcard Amazon sebesar US$25 bisa ludes dalam sekian jam.

Pendaftarannya mudah dan cepat, tinggal isi formulir ini lalu tunggu sampai dapat email yang berisi nomor anggota sementara. Balas email itu dan bilang bahwa kita bukan warga negara AS dan bersedia membayar, nanti akan ada email lagi (saya dapat sehari setelahnya) yang berisi nomor anggota permanen dan link untuk pembayaran kartu anggota. Saya bayar pakai Jenius, tapi rasanya bisa pakai kartu kredit lainnya.

Sebenarnya nomor anggota sementara di email pertama saja sudah cukup untuk meminjam buku, tapi ya cuma sementara. Jadi boleh dipakai untuk sekadar mencoba kalau masih belum bisa komitmen satu tahun. Tinggal pinjam buku sepuluh (batasan maksimal), lalu matikan jaringan internet di Kindle supaya kalau sudah lewat masa pinjam, bukunya tetap ada.

Apakah worth it?

Buat saya sih, iya. Nggak usah repot nunggu diskonan di Amazon, pun bajak lewat libgen. Koleksi di Fairfax cukup lengkap, dan kalau ada buku yang tidak ada, kita bisa merekomendasikan pustakawan di sana untuk menambah judul tersebut ke koleksi.

Seperti perpustakaan lain, batas maksimum peminjaman adalah 10 buku, masing-masing untuk 21 hari. Ada fasilitas hold untuk 10 buku juga, dan kita bisa merekomendasikan 7 judul setiap 7 hari.

Oh iya, selain e-book untuk Kindle ada juga yang dalam format epub biasa — jadi bisa dibaca di gadget lain. Sebenarnya kalau nggak punya Kindle, bisa juga tetap pilih yang Kindle book selama install app Kindle cloud reader. Ada pilihan audiobook juga, meski saya nggak pernah coba.

Saya sadar sih sejak pinjam buku di perpustakaan, saya jadi baca buku yang lebih beragam karena aksesnya banyak dan nggak usah pelit-pelit amat dalam memilih buku — karena toh semuanya sudah dibayar juga. Kalau biasanya saya cuma beli buku yang saya tahu bagus (dari review atau pun nama pengarang), sekarang saya bisa lebih bereksperimen dalam membaca.

Saya harus bilang bahwa status Fairfax sebagai perpustakaan dari AS otomatis membuat koleksinya America-centric, misalnya saja tidak ada bukunya Olga Tokarczuk, pemenang Nobel 2018 yang memang orang Polandia. Ada beberapa buku-buku dari Mo Yan dan Han Kang serta Murakami, yang saya rasa cukup lah karena toh bisa rekomendasi juga. Yang menarik: Fairfax tidak punya koleksi buku Pram tapi ada Beauty Is A Wound-nya Eka Kurniawan.

Singkatnya: iya, worth it.


Photo by Skitterphoto from Pexels

3 thoughts on “Cara pakai Overdrive untuk pengguna Indonesia

  1. Sangat bermanfaat informasi-nya, lagi nyari nyari cara akses overdrive dan ketemu blog ini. terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.